Research Areas Coverage |
Penelitian atau riset adalah suatu proses yang sistematis dalam mengumpulkan dan menganlisis suatu data.Dalam meneliti sesuatu maka memerlukan keahlian dan pengetahuan khusus. Seorang peneliti dapat dengan mudah menjadi seseorang yang profesional akan tetapi seorang profesional belum tentu dapat menjadi seorang peneliti. Secara garis besar seorang peneliti dan seorang profesional mempunyai pola pikir yang hampir sama, namun bedanya seorang peneliti mencoba dalam mencari dan memecahkan suatu permasalahan yang ada sedangkan seorang profesional permasalahanya sudah ada dan dia hanya akan dituntut untuk mencari solusi dalam memecahkan permasalahan tersebut.
Saat melakukan riset penelitian diperlukan data-data yang akurat dan tepat guna membantu dan mendukung hasil penelitian yang dilakukan. Data-data tersebut tidak harus berbentuk angka, namun juga dapat dalam bentuk teks ataupun parameter yang lainnya. Data-data ini ada yang sifatnya nominal, interval, ordinal ataupun rasio, terutama pada data-data kualitatif seperti ucapan, tanggapan, tulisan dan lain-lain yang diperoleh dan dikumpulkan untuk dianalia sehingga meningkatkan pemahaman tentang suatu kejadian ataupun fenomena yang menjadi minat penelitian atau bisa juga disebut dengan point of interest. Pada akhirnya, data-data tersebut akan diolah dan dituangkan ke dalam tulisan atau laporan yang akan dibuat sesuai dengan sistematika penelitian yang ada.
Penelitian di bidang ilmu komputer kebanyakan menggunakan desain penelitian eksperimental, oleh karena itu maka diharuskan mengetahui metodologi yang tepat guna membantu dan mendukung penelitian yang dilakukan dalam bidang ilmu komputer serta selain itupun perlu adanya pendekatan ilmiah guna memunculkan pengetahuan baru.
Pada penelitian computer science, information system, IT setidaknya terdapat dua pendekatan science dan engineering. Namun dalam membnagun sistem informasi maka perlu pendekatan engineering approach, Maksudnya membangun kontraks struktural dari riset SI/TI. Maka perlu membangun konstrak suatu produk. Engineering approach arahnya untuk membangun suatu produk sedangkan science approach arahnya new knowledge atau pengetahuan baru.
Misalkan pengguna internet dapat dibagi menjadi dua bagian, diantaranya :
- IT literate, yaitu pengguna yang diberikan fasilitas pencarian (searching) yang langung mencari ke tujuan. Maksudnya kita sudah mengetahui apa yang akan kita cari atau kita butuhkan.
- Non IT literate, yaitu pengguna yang diberikan fasilitas penelusuran (browsing) yang mencari satu perasatu. Maksudnya kita belum memiliki pilihan atau keputuan yang pasti mengenai apa yang akan kita cari atau bisa juga sudah mengetahui apa yang akan dicari namun belum memutuskan mana yang akan digunakan.
- Pemrosesan teks
- Teknik perangkat lunak
- Sistem informasi
- Grafika Komputer
- Pengolahan Citra
- Pengenalan Objek
- Keamanan perangkat lunak
Tema penelitian yang sering dipergunakan dalam bidang teknologi informasi perancangan sistem informasi :
- Spesifikasi dan prasyarat perangkat lunak
- Proses dan manajemen rekayasa perangkat lunak
- Perencanaan infrastruktur teknologi informasi
- Perencanaan strategis sistem informasi
Metodologi pada IS/IT diperlukan untuk digunakan pada :
- Mencatat secara lebih cermat dan teliti
- Menyediakan sistem informasi yang tepat
- Menyediakan metode yang sistematis agar lebih efektif
- Menghasilkan sistem yang baik dan mudah untuk digunakan
- Memberikan sistem yang mampu mempengaruhi pengguna sistem
- Sistem dapat dipercaya
- Memberikan indikasi untuk proses pengembangan
0 Komentar