Kembali lagi pada seri tulisan PHP, kali ini saya akan bahas mengenai penggunaan variabel. Apa itu variabel ? Kalau di dunia nyata, jika kita akan mengolah sesuatu pasti kita butuh wadah / tempat untuk menyimpan benda yang akan kita olah. Sebagai contoh : 

"kita akan memasak mie instan. pasti mie instan tersebut dibungkus plastik dari pabrik pembuatnya. Kemudian kita memasak air kita juga butuh panci dan mangkok tempat memasak dan mencampur mie instan beserta bumbu. Nah..... di sini, variabel dalam kasus memasak mie instan adalah plastik bungkus, panci, dan mangkok." 

Di dalam dunia pemrograman, yang kita olah adalah data. Dalam mengolah data, kita perlu wadah / tempat menyimpan data tersebut untuk di olah dan di distribusikan ke kode lain / ke pengguna aplikasi. Tempat menyimpan data adalah Variabel

Variabel di PHP

di PHP, penulisan variabel dtandai dengan karakter $ (dollar). penamaan variabel adalah bebas terserah anda sendiri. Contoh : 

$nama             = "Nur Hidayatullah";
$umur             = 27;
$tempat_lahir = "LAMONGAN";

nah pada contoh di atas, $nama, $umur, dan $tempat_lahir adalah variabel. DI atas merupakan contoh pembuatan variabel beserta cara mengisi data. Sekarang saya coba beri contoh dengan program. Ketik kode dibawah ini : 
<?php 
$nama = "Nur Hidayatullah";
$umur = 27;
$tempat_lahir = "Lamongan";

echo 'Nama : ' . $nama;
echo "<br/>";
echo 'Umur : ' . $umur;
echo "<br/>";
echo 'Tempat Lahir : ' . $tempat_lahir;
?>
kemudian simpan pada folder latihan_php dan beri nama variabel.php. Kemudian jalankan di browser dengan URL berikut :

http://localhost/latihan_php/variabel.php

maka akan muncul hasil seperti berikut:

Penjelasan Kode

  • Awali kode php dengan <?php dan ditutup dengan ?>
  • $nama, $umur, dan $tempat_lahir adalah variabel dan "Nur Hidayatullah", "27", "Lamongan" adalah data yang akan di olah.
  • echo 'Nama : '. $nama;  adalah kode untuk menampilkan variabel $nama dan disambung dengan String 'Nama : ' di depannya. Dan di akhir baris harus ditutup dengan tanda titik koma (;)
  • echo "<br/>"; adalah menampilkan kode html <br/>  untuk menghasilkan baris baru.
sekian dulu tulisan saya kali ini, saya lanjut pada mengenai Tipe Data dan Operator Aritmatik pada tulisan saya selanjutnya. Terima kasih.

Update : 
Selanjutnya : Tipe Data dan Operator => https://catatan-pemrograman.blogspot.com/2018/12/php-type-data-dan-operator-aritmatika.html