Untuk mengembangkan tampilan sebuah aplikasi web, tentunya kita membutuhkan yang namanya IDE yang lengkap seperti Adobe Dreamweaver. Namun, ternyata penggunaan IDE yang lengkap bukan satu satunya jalan. Kita juga bisa mengandalkan text editor yang simple tapi tetap powerfull untuk kebutuhan yang satu ini.
Untuk itu, yuk simak beberapa text editor terbaik untuk desainer web.

Notepad++


Notepad++ merupakan salah satu text editor paling populer yang banyak digunakan. Walaupun sebenarnya Notepad++ sudah cukup tua, namun masih banyak direkomendasikan oleh kebanyakan orang. Salah satu yang membuatnya populer adalah karena gratis, punya banyak fitur, dan masih bisa ditambah lagi dengan plugin yang banyak sekali.
So, kalo mau nyoba silahkan main aja ke websitenya
Notepad++

Sublime Text


Nah, kalo Sublime Text ini merupakan salah satu text editor yang menjadi favorit saya. Kenapa? karena tampilannya simple, punya banyak fitur dan tentunya memiliki plugin yang banyak dan menarik. Namun, untuk editor yang satu ini, memang tidak sepenuhnya gratis.
Tapi kalau cuma mau nyoba sih, bisa aja download gratis di websitenya.
Sublime Text 2
atau
Sublime Text 3

Atom


Atom ini juga memiliki tampilan yang simple dan modern. Tentunya sangat cocok untuk editing html, css, javascript dan lainnya. Yang paling penting adalah editor ini Open Source sehingga punya banyak sekali packages (atau plugin) yang bisa anda gunakan.
Silahkan langsung ke websitenya kalo mau tahu lebih banyak tentang editor yang satu ini.
Atom

Brackets


"A modern, open source text editor that understands web design". Ya, itu adalah tagline dari Brackets yang tentunya menunjukan kalau aplikasi ini emang ditujukan untuk web designing. Yang menarik dari editor ini adalah kita bisa membuat css dengan lebih mudah dari sebuah file psd. Jadi kalo sebelum mendesain kita biasanya membuat tampilannya dulu di Adobe Photoshop, nah aplikasi ini akan membantu kita untuk mengextract cssnya lo!
Kalo tertarik langsung aja main kewebsitenya
Brackets

Komodo Edit


Kalau semisal anda nggak butuh fitur keseluruhan dari IDE, Komodo Edit adalah solusinya. Editor ini gratis untuk digunakan, support untuk multi-languange, bisa autocomplete, dan segudang fitur menarik lainnya.
Silahkan cek langsung websitenya dibawah
Komodo Edit

CoffeeCup Free HTML Editor


Kalau editor yang satu ini, dari namanya aja udah ketahuan kalau emang fokus ditujukan untuk editor html. Aplikasi yang satu ini cocok untuk pemula yang butuh editor yang simple dan gratis.
Kalo mau tahu lebih banyak silahkan aja ke websitenya
CoffeCup

Aksi IDE


Yap, IDE yang satu ini buatan lokal lo! Tampilannya masih sederhana, tapi tentunya sangat ringan untuk digunakan. Editor ini mungkin akan cocok buat anda yang terbiasa membuat aplikasi berbasis web dengan php, database dan tampilannya.
So, langsung aja ke websitenya
Aksi IDE

Nah, sekian ulasan mengenai text editor terbaik untuk membuat desain web versi Joglo UI. Semoga dengan bantuan tools diatas, anda bisa menjadi lebih produktif dalam membuat desain web.