Berbicara mengenai web design, tentunya kita sudah tak asing dengan yang namanya HTML, CSS, PHP dan bahasa lainnya untuk mengembangkan sebuah website. Website sendiri saat ini sudah berkembang pesat dibandingkan pendahulunya.
Bayangkan, sekarang sebuah website bisa dibuat dengan mudah, cepat, mampu menampilkan animasi dan lain sebagainya. Namun, tentunya perkembangan ini didahului dengan proses yang sangat panjang. mari kita simak..

Perkembangan HTML

HTML pertama kali diluncurkan pada tahun 1990 yang kemudian diikuti dengan munculnya website pertama pada tahun 1991. Website ini diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee. Pada peluncuran awal tersebut, HTML hanya dibekali kemampuan untuk menampilkan teks dan link saja. Tentu membosankan membaca website seperti itu.
Tidak berhenti disitu, munculnya tabel untuk membuat layout pada tahun 1992 membuat perkembangan web akhirnya lebih diminati pengguna. Tentunya website yang dikembangkan dengan layout akan lebih menarik dibandingkan hanya berupa teks saja.

Perkembangan Flash dan Javascript

Pada tahun 1995-1996, flash dan Javascript mulai diperkenalkan. Hal ini membuat perkembangan web menjadi lebih pesat lagi. Dengan flash dan javascript, penggunaanya dapat membuat konten pada web menjadi lebih interaktif.

Perkembangan CSS

Dengan berkembangnya teknologi pada website, akhirnya pada tahun 1996 W3C memperkenalkan penggunaan CSS. Dengan CSS tersebut, akhirnya dapat membuat web menjadi lebih cantik dan tentunya tidak membosankan.

Perkembangan Web Dinamis

Pada saat itu, penggunaan web masih sebatas web statis saja. Hal ini membuat konten dari web menjadi kurang menarik. Oleh karena itu, pada tahun 1998 munculah PHP. Bahasa ini dikembangkan secara open source, dan terbukti membuat halaman web menjadi lebih dinamis. Proses update pada halaman web juga menjadi lebih mudah.
Setahun setelah itu, CSS3 muncul dan membuat halaman web menjadi lebih menarik lagi. Dengan dibekali kemampuan dan fitur baru sehingga merubah wajah web dan proses perkembangannya menjadi lebih menarik.

Web 2.0 

Penggunaan internet yang makin ramai membuat banyak developer akhirnya tidak berhenti pada web dinamis saja. Mereka mulai memperkanalkan web yang mampu berinteraksi secara langsung dengan user atau bahkan dikendalikan langsung oleh user.
Perkembangan inilah yang akhirnya memunculkan teknologi seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Blogger dan lain sebagainya.

Mobile Web

Pada tahun 2008, perkembangan ponsel semakin canggih dan membuat pergeseran budaya masyarakat yang tadinya lebih memilih melakukan browsing internet dengan komputer kini beralih menggunakan ponsel. 
Hal tersebut akhirnya memunculkan trend baru untuk membuat web yang mudah dibaca dan digunakan oleh pengguna ponsel. Inilah awal dari perkembangan penggunaan responsive web design.

Nah, dari ulasan tersebut kita telah mengetahui perkembangan web mulai dari awal hingga saat ini. Tentunya trend penggunaan web akan selalu berkembang dari waktu ke waktu. Apakah menjadi lebih menarik? kita tunggu saja. Karena tentunya penggunaan web juga akan semakin ramai. Sampai jumpa di artikel lainnya.