Dalam mendesain user interface untuk pengguna atau client, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mengapa? Karena tentunya anda tidak ingin pengguna yang menggunakan produk anda mengalami kesulitan dalam menggunakan produk buatan anda.
Nah untuk itulah prinsip desain user interface ini diperkenalkan oleh Larry Constantine and Lucy Lockwood. Berikut merupakan prinsip dari desain user interface.

The structure principle

Tampilan desain untuk user interface harus diatur sesuai fungsinya agar lebih terorganisir. Tampilan yang dibuat juga harus jelas, konsisten dan dapat dipahami oleh pengguna. Misalnya seperti menaruh beberapa hal yang saling terkait fungsinya dan memisahkan yang tidak ada hubungannya. Prinsip struktur ini saling berkaitan dengan keseluruhan arsitektur user interface.

The simplicity principle

Desain yang dibuat haruslah sederhana, mudah digunakan, dan dapat berkomunikasi dengan jelas dengan bahasa yang dipahami oleh penggunanya.

The visibility principle

Desain yang kita buat sebaiknya dibekali dengan pilihan dan memenuhi kebutuhan pengguna dalam mengerjakan suatu tugas tanpa membuat pengguna kesusahan dengan banyaknya informasi yang sebenarnya tidak diperlukan.

The feedback principle

Desain yang baik harus memberikan informasi yang jelas kepada setiap hal yang dilakukan pengguna, seperti ketika menunjukan error ketika ada langkah yang bermasalah, menunjukan keterangan sukses jika langkah yang dilakukan pengguna sudah benar dan lain sebagainya. Intinya harus ada komunikasi yang jelas antara sistem dan pengguna.

The tolerance principle

Desain sebaiknya dibuat dengan fleksibel dan toleran, seperti dapat mengurangi kesalahan pengguna dengan menggunakan fitur undo atau redo dan juga mencegah munculnya error.

The reuse principle 

Prinsip ini mengharuskan pengguna untuk menggunakan kembali komponen internal maupun eksternal. Hal ini dikhususkan agar pengguna tidak perlu mengingat kembali kebiasaan atau input yang telah dilakukan berulang ulang.

Nah kurang lebih seperti itulah prinsip dalam membuat desain user interface yang baik dan efektif. Tentunya ketika anda akan mengembangkan sebuah desain user interface maka dapat menggunakan prinsip diatas sebagai acuan untuk menghasilkan desain yang baik dan mudah digunakan oleh pengguna. Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat :D