Halo Agan Sista semua, gimana kabarnya? Masih semangat belajar pemrograman kan, code writer apa yang Anda gunakan saat ini? Dari sekian banyak aplikasi writer baik itu yang gratis ataupun yang berbayar, saat ini banyak yang menggunakan aplikasi salah satunya Notepad++ di karenakan selain free juga ringan di gunakan. Namun pernahkah Anda mengalami saat yang menyebalkan dimana kita sedang asik asiknya menulis kode pemrograman dan sudah dapet banyak banget sampai beratus ratus line tiba tiba aplikasi Notepad++ tersebut Stop Working?

Mungkin untuk sebagian besar aplikasi sih tidak masalah, namun menjadi masalah besar buat pengguna Notepad++ di karenakan script yang sudah agan sista tulis banyak sampai beratus ratus line tersebut tiba tiba bisa hilang tanpa jejak, nah lo. Pasti kesel kan, dimana saat itu lagi di kejar deadline lagi.
Terus bagaimana solusi nya? Sebenarnya dari aplikasi Notepad++ sendiri sudah terdapat fitur bawaan buat mem-backup script yang hilang tadi saat aplikasi mengalami crash hingga menyebabkan Stop Working, namun sebagian pengguna masih banyak yang belum tau cara me-restore nya. Langsung aja caranya yaitu dengan menekan tombol WinKey + R atau bisa juga melalui start lalu cari program Run. Kalau sudah terbuka, ketik perintah berikut ini

%AppData%/Notepad++/backup
Kurang lebih gini tampilannya
Kalau sudah, kalian nanti akan di arahkan menuju folder C:\Users\--usename kalian--\AppData\Roaming\Notepad++\backup. Lalu lihat judul file yang ada di dalam folder tersebut, pastikan nama file yang scriptnya hilang tadi ada di backup. Bila sudah tinggal klik kanan saja, lalu pilih menu Edit with Notepad++. Sampai disini, Anda tinggal meng-copas saja script di dalam backup-an ini kedalam file project yang scriptnya hilang tadi. Sekian, semoga bermanfaat.