Agan agan sudah pernah pakai code igniter ?? sudah ngerti url default dari code igniter kan ?? kalo belum saya kasih lihat kayak ini nih...

http://localhost/perpustakaan/index.php/pengarang/get_pengarang
diari url di atas mungkin agan berfikiran untuk membuang index.php dan belum berhasil ?? kali ini saya coba tulis pengalaman saya tentang masalah ini.

      Sebelumnya, saya juga udah muter muter nyoba tutorial yang ada di internet cuma buat ngebuang index.php dari url project saya tapi semua GAGAL. Entah karena saya yang gak lengkap copynya, atau mungkin laptop saya yang kurang update, tapi yang jelas semuanya GAGAL. Dan sampai akhirnya saya nemu satu dan berhasil tapi saya lupa url sumbernya dan untuk itu saya mohon maaf untuk keteledoran saya ini.Langsung aja deh ke TEKAPE.

      Saat saya menulis tulisan ini,saya menggunakan code igniter versi 2.2.0 dan untuk versi yang lain saya tidak memberi garansi. Langkah langkahnya sebagai berikut.
  1. buat file .htaccess di directory utama project code igniter agan sejajar dengan folder application dan system
  2. copykan kode berikut di file .htaccess tadi
    <IfModule mod_rewrite.c>
    RewriteEngine On
    RewriteBase /aplikasi-mangga

    RewriteCond %{REQUEST_URI} ^system.*
    RewriteRule ^(.*)$ /index.php/$1 [L]


    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d

    RewriteCond $1 !^(index\.php|images|robots\.txt|css)
    RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]
    </IfModule>

    <IfModule !mod_rewrite.c>

    ErrorDocument 404 /index.php
    </IfModule>
  3. Buka file application/config/config.php dan cari baris $config['base_url'] seperti berikut
    $config['base_url'] = 'http://localhost/aplikasi-mangga/index.php';
    dan buang index.php menjadi  
    $config['base_url'] = 'http://localhost/aplikasi-mangga/';
    dan cari kode berikut 
    $config['index_page'] = 'index.php';
    dan kosongkan menjadi  
    $config['index_page'] = '';
di coba jalankan deh programnya. Kalo masih belum berhasil boleh komen di bawah. Terima kasih.