Assalamu 'alaikum wr.wb.

Selamat datang kembali di blog yang saya cintai dan semoga anda juga mencintainya. Setelah hampir 1 bulan tidak memposting artikel gara-gara disibukan dengan malas. Kali ini saya akan "bercerita" tentang bagaimana membuat website itu kadaluwarsa. Kenapa harus ada website kadaluwarsa? sebenarnya ini rahasia tapi buat anda tidak ada yang rahasia. Tujuannya adalah untuk membatasi waktu penggunaan website atau aplikasi berbasis web untuk user pemilik website atau pengelola aplikasi berbasis web. Sebenarnya ada cara lain ketika website di online kan dengan pengaturan jangka waktu sewa hosting dan domain, tapi kalau aplikasi yang bersifat intern dalam suatu perusahan  dan tidak dionlinekan di internet global, salah satu caranya dengan membuat script untuk meng-expired-kan aplikasi.

Cukup itu saja mukodimahnya, langsung ke materi. biasanya aplikasi website itu diawali index.php atau index.html untuk memanggil default aplikasinya jadi, letakkan script di bawah ini di file index nya.

1. Script yang sudah ditentukan kapan tanggal expirednya . Misalkan tanggal expirednya 28 Januari 2015 untuk mempermudah dibuat versi english menjadi 2015-02-28.

<?php
$tgl_now=date("Y-m-d");
$tgl_exp="2015-02-28";//tanggal expired
if ($tgl_now >=$tgl_exp )
{
echo"<center><h1>web expired</h1>
<h3>Silahkan hubungi team olehmoco<h3></center>";
}
else
{
?>
<!--ISIKAN SCRIPT INDEXNYA DISINI-->
<?php
}
?>

2. Script berdasarkan jangka waktu pemakaian misalkan 1 tahun / atau 365 hari.

<?php
$tgl_now=date("Y-m-d");//tanggal sekarang
$tgl_launching="2015-01-01";// tanggal launching aplikasi
$jangka_waktu = strtotime('+365 days', strtotime($tgl_launching));// jangka waktu + 365 hari
$tgl_exp=date("Y-m-d",$jangka_waktu);//tanggal expired
if ($tgl_now >=$tgl_exp )
{
echo"<center><h1>web expired</h1>
<h3>Silahkan hubungi team olehmoco<h3></center>";
}
else
{
?>
<!--<!--ISIKAN SCRIPT INDEXNYA DISINI--> -->
<?php
}
?>

Nah.cukup mudahkan. silahkan dicoba dan lihat hasilnya. Insya Allah bisa.. mohon maaf jika ada kesalahan, mohon sarannya jika masih ada yang perlu diperbaiki, silahkan bertanya jika ada pertanyaan, akan dijawab semaksimal mungkin yang saya bisa, dan jangan menghujat..

Wassalamu 'alaikum Wr. wb.