pada malam ini saya akan menjelaskan tentang modularisasi dalam php!!! pada postingan sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang membuat pencarian sederhana dengan PHP dan Upload foto dengan PHP .. next. apa to yang dimaksud modularisasi.. sedikit penjelasan modularisasi ..

modularisasi dalam pemrograman umum di lakukan dan sangat diperlukan untuk mempermudah debugging dan pengembangan program.. modularisasi sendiri berarti melakukan pembuatan program berdasarkan modul-modul. setiap modul di kembangkan untuk tujuan atau fungsi khusus.

bentuk bentuk modularisasi.. kali ini saya hanya akan menjelaskan modularisasi require()

require() adalah bentuk kontruksi yang di gunakan untuk menggabungkan suatu script php atau teks dari file lain dengan script php yang memanggilnya.. tekhnik require cocok untuk membuat template yang memudahkan proses pengembangan aplikasi dengan menggunakan pola tampilan.

contoh :
tampilan untuk halaman web yang kita bangun mempunyai konsistensi pada layout. bahwa ada header dan footer. pada bagian tengahnya ada isi. kita dapat membuat bagian footer dan header menjadi file tersendiri. setiap halaman yang akan ditampilkan dapat memanggil header dan footer ini dengan menggunakan require()

nama script: header.php

<html>

<header>

<title> demo require() </title>

</header>

<body>

<h1>PHP Lancar</h1>

berisi tentang informasi pembelajaran PHP

<br>

kedua nama script: footer.php

<p>&nbsp;

</p>

</small> &copy;2013 - By  Andy Saputra </small>

</body>

</html>

berikutnya pada saat kita membuat halaman web. maka fokus kita hanya pada isi. header dan footer dapat kita panggil dengan require()

nama script: phplancar.php


<? require("header.php");?>

<hr>

welcome to PHP Lancar

<p>

PHP Lancar adalah suatu blog yang berisi tentang tutorial

PHP. kita di sini belajar bersama.

<p>

kami disin mempunyai slogan happy blogging, programming

learning and trying. dan kami akan berusaha untuk

menyajikan ilmu yang mudah di pelajari


<? require("footer.php"); ?>

hasilnya bisa di lihat di bawah ini.. klik untuk membesarkan

sekian dulu postingan dari saya. semoga bermanfaat.. next postingan. saya akan membahas tentang include(), requere_once(), include_once(), dan dl(namamodul)...

happy blogging, programming, learning and trying